Pikiran merupakan merupakan medan dimana setiap keputusan dibuat untuk dilaksanakan dalam kehidupan kita. Apa yang kita lakukan merupakan tindak lanjut dari pada apa yang telah kita pikirkan terlebih dahulu. tindakan merupakan buah daripada pikiran kita terlepas dari masalah baik atau jahat. Dalam lingkup perjalanan rohani, pikiran mendapa porsi yang sangat penting untuk diperhatikan dan diolah dengan baik karena pikiran kita menentukan perubahan yang akan terjadi dalam kehidupan kita (Rom 12:2). Berikut ini beberapa tips penting untuk membangun pikiran rohani:

1. Berpikir dengan sudat pandang surgawi – Kol 3:2

Pikiran kita yang rohani menentukan secara langsung tindakan yang kita lakukan secara rohani. Karena apa yang kita pikirkan itulah yang kita perbuat. milikilah pikiran yang dari atas yang berkatitan dengan Allah dan Firman-Nya maka kita akan melihat hidup kita menggambarkan cara hidup yang dari atas.

2. Berpikir dengan pola kerajaan – Flp 4:8

Pembentukan pikitan rohani memerlukan pola yang benar dan pola itu mempunyai kriteria jujur, murni, mulia, adil, manis, baik, dan sedap didengar yang merupakan pola pikir kerajaan Allah. Jadi, jika hidup kita dipenuhi dengan pikiran-pikiran kerajaan maka kehidupan kita akan menghasilkan tindakan-tindakan kerajaan.

3. Berpikir dengan FOKUS ROHANI – Kis 6:4

Pikiran rohani memiliki fokus yang benar dan bersifat rohani yaitu pada Firman Tuhan dan pelananan Tuhan. fokus rohani secara langsung menunjukk kepada apa yang menjadi rancangan Tuhan karena itu merupakan cetak biru dimana kita harus membangun kehidupan kita dihadapan Tuhan dan mengembangkan pelayanan kita sesuai dengan kehendak Tuhan (Yes 55:8-9). Edp