Mat 15:21-28

Setiap orang merindukan pertolongan dari siapa saja ketika berada dalam keadaan sulit. Karena itu, kita harus mencari sumber yang tepat untuk mendapatkan pertolongan dan itu adalah Tuhan (Maz 3:9).  Untuk itu, Pada saat seperti ini sangatlah penting bagi kita untuk memikirkan langkah-langkah apa yang harus kita lakukan supaya kita mendapatkan pertolongan Tuhan. Dalam Matius 15:21-28, memuat sebuah kisah menarik tentang pertolongan dari Tuhan.

1. Datang kepada Tuhan (Ay 22)

Cara terbaik untuk mencari pertolongan adalah datang kepada Tuhan karena Ia adalah Tuhan yang penolong (Maz 46:2). Tuhan suka menolong orang yang menantikan pertolongannya pada waktu berada dalam kesesakan. mungkin kita memerlukan pertolongan Tuhan bagi hidup kita sama seperti perempuan Kanaan tetapi dengan masalah yang berbeda. apapun itu masalah kita datanglah kepada Tuhan dengan membawa kepadanya karena dari Tuhanlah datang pertolongan bagi kita (Maz 3:9)

2. Tantangan Iman (Ay 23-27)

Ketika kita membutuhkan pertolongan Tuhan maka kita akan masuk dalam proses yang disebut tantangan iman. Tantangan iman ini adalah suatu komitmen bahwa kita percaya dan sungguh-sungguh mengandalkan Tuhan untuk menolong kita. Kadangkala tantangan iman meminta kesabaran kita yang cukup lama untuk menantikan waktu Tuhan. Seringkali juga kita dituntut untuk tidak mencari pertolongan dari pihak lain kecuali hanya kepada Tuhan. Hal yang perlu kita mengerti adalah banyak orang percaya, tidak mau melewati proses ini atau merasa tidak sanggup padahal itu hanyalah cara Tuhan untuk membuat kita tetap berharap pada-Nya.

3. Jawaban Doa (Ay 28)

Penantian terhadap datangnya sebuah pertolongan dari Tuhan akhirnya datang setelah melewati ujian iman dan karakter. Ujian iman adalah untuk menunjukkan sikap yang tidak goyah dan terus berharap serta percaya dengan mengandalkan Tuhan. Ujian karakter berkaitan dengan kesabaran kita menantikan datangnya pertolongan Tuhan tersebut.